Menjaga Kesehatan Balita Dengan Bentuk Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga sejak dini sebab kesehatan merupakan sumber kehidupan. Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan sejak dini adalah dengan cara menanamkan pola hidup sehat sejak kecil. Tentunya Bunda dapat memilih, dengan cara apa bunda menanamkan pola hidup sehat itu pada si kecil. berbagai cara. Cara-cara untuk menanamkan pola hidup sehat, antara lain adalah dengan menjaga kesehatan gigi balita, mengatur pola makan dan yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Menjaga kesehatan gigi balita merupakan salah satu langkah sederhana yang dapat Bunda lakukan untuk membentuk pola hidup sehat. Kesehatan gigi balita harus mulai diperhatikan sejak pertumbuhan gigi pertamanya pada usia 6 bulan. Hal tersebut tidaklah sulit, Bunda dapat mengikuti beberapa tips berikut agar Bunda lebih mudah untuk menjaga kesehatan gigi si kecil. Pertama, Bunda harus membiasakan si kecil untuk menghindari makanan yang terlalu banyak gula. Kedua, berikan makanan manis secara bertahap. Ketiga, latih si kecil untuk mengunyah dan menelan dengan baik agar ia tidak terbiasa menyimpan makanan di dalam mulutnya. Sisa makanan yang nantinya tertinggal di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan sumber bakteri. Terakhir, sejak kecil biasakan buah hati Bunda untuk gosok gigi agar gigi tetap bersih dan bebas dari sisa makanan.

Selain menjaga kesehatan gigi si kecil, Bunda juga harus mementingkan pola makan si kecil yang mendukung pola hidup sehat. Pola makan si kecil yang tentunya mendukung pola hidup sehat adalah makanan sehat empat sehat lima sempurna yang bebas dari zat-zat tambahan (misalnya pewarna, perasa, perenyah, dll.). Biasakan bayi untuk terpola makan sayur dan buah-buahan yang seringkali dalam keseharian kita mendapati si kecil menolak dua hal tersebut.

Sebenarnya sayur dan buah-buahan tidak dapat digantikan dengan bahan pangan lain karena keduanya memiliki peran tersendiri, sebagai sumber vitamin, sumber zat besi dan masih banyak lagi. Tidak cuma buah dan sayur ya, Bun. Bunda juga harus mementingkan asupan si kecil dari sumber karbohidrat, protein, kalsium, vitamin dan lain sebagainya. Tidak jarang juga kita dapati si kecil menolak nasi yang kita ketahui sebagai sumber karbohidrat dalam kehidupan sehari-hari. Bila hal ini terjadi, Bunda tidak boleh sampai kehilangan akal dan usahakan untuk cari pengganti nasi yang nantinya disukai si kecil. Intinya, perhatikan asupan makan si kecil yang dapat mendukung pembentukan pola hidup sehat.

Hal terakhir yang seringkali terlupakan adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk menjaga pola hidup sehat. Terkadang seringkali Bunda lupa mencuci mainan yang terlalu lama dibiarkan di tempat terbuka sehingga tanpa sepengetahuan Bunda mainan tersebut telah bercampur dengan debut atau kotoran yang tidak terlihat. Mainan yang terkontaminasi dengan debu ini biasanya ditandai dengan warnanya yang kusam, permukaannya yang berdebu atau anak yang bereaksi (seperti bersin) ketika bermain dengan mainan tersebut.

Selain mainan, Bunda juga harus memerhatikan kebersihan lingkungan luar rumah, seperti bagian halaman atau bagian luar rumah. Bagian luar ini biasanya kotor karena bercampur langsung dengan debu-debu dari jalan sehingga dengan mudah akan menyebabkan si kecil sakit bila terlalu sensitif dengan bakteri.

Pola hidup sehat dapat dibentuk dari keluarga sendiri sebagai suatu tindakan preventif untuk mencegah penyakit menyerang si kecil. menjaga kebersihan, mengatur pola makan dan menjaga kesehatan gigi balita merupakan satu dari langkah awal untuk menanamkan pola hidup sehat. Bunda dapat melakukan langkah lainnya untuk terus menanamkan pola hidup sehat pada si kecil.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *