Persaingan Mobil Pickup Suzuki Dengan Grand Max dan Mitsubishi SS

Mobil Pickup Suzuki | Salah satu indikasi terjadinya pertumbuhan ekonomi di Tanah Air, ditunjukkan dari meningkatnya permintaan terhadap kendaraan niaga, seperti jenis pick up yang ternyata banyak menyumbang kontribusi pada angka penjualan dari setiap pengagennya. Beberapa di antaranya yang sampai saat ini masih tetap eksis di jalur kendaraan komersial seperti Suzuki, Mitsubishi dan Daihatsu. Produsen berlambang S secara konsisten memproduksi varian Carry Futura dengan pilihan mesin 1.500 cc, serta Mega Carry yang basisnya mengambil dari APV pick up.

Mitsubishi juga tetap melenggang di pasar otomotif segmen niaga lewat dua varian pick up andalannya, T120SS dan L300. Menurut Jerry Amran, Public Relation PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Tanah Air, sampai saat ini KTB masih memproduksi dan mempertahankan kedua model tadi. Sementara pemain besar lain seperti Daihatsu, menggelontor tipe Gran Max pick up dengan dua pilihan mesin, 1.300 cc dan 1.500 cc.

Persaingan Mobil Pickup Suzuki Dengan Grand Max dan Mitsubishi SS

Sebenarnya dua merek ini, Mobil Pickup Suzuki dan Mitsubishi punya mobil pikap yang bisa dibilang legenda hidup. Tanpa ubahan berarti sejak dipasarkan puluhan tahun lalu, kedua merek ini masih mengandalkan model yang itu-itu saja, yakni Suzuki dengan Carry dan Mitsubishi dengan L-300 dan T-120 SS. Tapi ada pendatang baru ditengah keduanya, yakni Daihatsu dengan Gran Max. Pikap andalan daihatsu ini bahkan saat ini juga mengusung label mobil terlaris Daihatsu di Indonesia, dengan penjualan sebanyak 4.406 unit di Januari 2016 lalu.

Dengan begitu, menempatkan Gran Max tak hanya sebagai mobil terlaris Daihatsu, tapi juga disegmen pikap. Mengalahkan PMobil Pickup Suzuki Carry yang terjual sebanyak 3.898 unit dan L-300 yang terjual sebanyak 1.991 unit dan T-120 SS dengan jualan sebanyak 1.468 unit. Masuk tahun ini, sepertinya ketiga merek ini akan terus saling bersaing untuk menjadi yang teraris disegmen komersial ringan. Rencana ubahan atau penyegaran pun kabarnya sedan disipakan Suzuki dan Daihatsu untuk model pikapnya itu.

Berikut daftar pikap terlaris Januari 2017: 

  1. Daihatsu Gran Max pikap 4.516 unit
  2. Suzuki Carry pikap 3.998 unit
  3. Mitsubishi T-120 SS mini pikap 1.468 unit

Beberapa Keunggulan Mobil Pickup Suzuki Futura atas Grand Max yaitu ;

  1. Index Beban Ban Lebih Besar (1880 kg)
  2. Index Kecepatan Ban Lebih Besar (170 km/jam)
  3. Bak Lebih Luas & Muat Banyak
  4. Radius Putar Kecil (4,2m)
  5. Chassis Lebih Tebal (20 cm)
  6. Bumper Depan Terdiri 2 Bagian
  7. Posisi Muffler/Knalpot Lebih Tinggi (40,5 cm)
  8. Posisi Headlamp Lebih Tinggi (81,5cm)
  9. Ground Clearence/Jarak Terendah Ke Tanah Lebih Tinggi (19,5cm)
  10. Panel Bak Terpisah
  11. Kaca Belakang Lebih Luas
  12. Torsi Maksimal Lebih Cepat Tercapai

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *